Paypal

1.1 Pengertian Paypal

Paypal adalah sebuah media layanan online yang berfungsi sebagai sarana transaksi di dunia maya, simplenya Paypal bisa dikatakan sebagai “bank” yang ada di dunia online sehingga siapa saja yang sudah mempunyai akun Paypal bisa dengan mudah bertransaksi di dunia online dalam lingkup global. Dan Paypal yang kini telah di akuisisi oleh sebuah website jual beli internasional eBay tersebut, tercatat sebagai perusahaan
layanan transaksi online terbesar dan dengan jangkauan terluas di dunia. 

PayPal dengan cepat menjadi pemimpin global dalam solusi pembayaran online dengan lebih dari 153 juta rekening di seluruh dunia. Dengan tersedia di 190 pasar dan 24 mata uang di seluruh dunia, PayPal mendukung e-commerce global dengan memungkinkan pembayaran melintasi berbagai lokasi, mata uang, dan bahasa. 

PayPal Corp. sebenarnya adalah sebuah perusahaan hasil penggabungan antara Confinity dengan X.com yang dilakukan pada tahun 2000. Confinity didirikan pada bulan Desember 1998 oleh Peter Thiel dan Max Levchin dengan tujuan awal sebagai perusahaan perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi. Adapun X.com didirikan oleh Elon Musk pada bulan Maret 1999 sebagai penyedia jasa perencanaan keuangan. Kantor pusat kedua perusahaan ini mulanya terletak di 165 University Avenue, Palo Alto, California, Amerika Serikat.  



1.2 PENDIRI DAN MANAJEMEN 


Elon Musk pendiri Paypal  

Elon Musk adalah tokoh bisnis, penemu, dan industrialis Amerika Serikat. Ia merupakan pendiri dan CEO SpaceX. Setelah mengikuti kuliah perdagangan di Queen's School of Business selama dua tahun, Musk mendapatkan gelar sarjana ekonomi dari the Wharton School of the University of Pennsylvania dan sarjana fisika. Ia mendirikan SpaceX, Tesla Motors, dan ikut mendirikan PayPal. 

Sistem PayPal baru berusia beberapa bulan dan Musk merasa PayPal punya masa depan yang menjanjikan. Musk dan Harris kali ini tidak sepakat dan Harris keluar dari perusahaan pada Mei 2000. Bulan Oktober 2000, Musk memutuskan bahwa X.com akan menghentikan operasi perbankan Internetnya dan berfokus pada layanan uang PayPal. X.com berganti nama menjadi PayPal dan berekspansi cepat tahun 2001 karena digunakan oleh eBay. Perusahaan yang baru berganti nama ini membuka diri sebagai perusahaan yang diperdagangkan publik pada Februari 2002 dan diakuisisi eBay senilai $1,5 miliar dalam bentuk saham pada akhir 2002. 11,5% saham Musk atas perusahaan terakuisisi ini berbuah $165 juta dalam bentuk saham eBay. 

o Paypal Leadership Team                                         


President and CEO 
Dan Schulman 
John Rainey  
Chief Financial Officer 
Marcia Morales-Jaffe  
Chief Human Resource Officer 
Bill Ready 
Senior Vice President, Global Head of Product  & Engineering   
Tomer Barel 
Chief Risk Officer 
Louise Pentland 
Senior Vice President, General Counsel and 
Company Secretary 
James Barrese  
Chief Technology Officer and Senior Vice 
President of Payment Services 
Jonathan Auerbach  
Senior Vice President and Chief Strategy and 
Growth Officer 
Gary Marino  
Senior Vice President, Global Credit and the 
Americas 
Rupert Keeley  
SVP & GM, EMEA  
CEO PayPal Europe Bank 
Christina Smedley  
Global Brand and Communications Officer 
Rohan Mahadevan  
Senior Vice President, APAC 
Patrick Dupuis  
Senior Vice President, Simplicity, Quality and Productivity 
John McCabe 
Senior Vice President, Worldwide Operations 
Steve Allocca   
Vice President and General Manager of 
Franz-Paasche 
Global Credit 
Vice President, Corporate Affairs 
Erica Gessert  
Vice President, Operations Planning 


PRESTASI 



PayPal Chief Technology Officer James Barrese diakui dengan Gold Stevie® Award untuk "Tek Innovator of the Year" di perjamuan Amerika Awards Bisnis Produk Baru dan Tek di San Francisco.   

PRODUK / JASA 
1.      Coupons & Gift Certificates 
2.      PayPal Mobile 
3.      PayPal Smart Connect 
4.      PayPal Debit MasterCard® 
5.      PayPal Extras MasterCard® 
6.      PayPal Shipping 
7.      Student Account 

Share:

0 komentar