sms-banking, m-banking dan internet-banking

Internet Banking: Fitur, Kelebihan, dan Kekurangannya

Kami yakin sudah banyak dari Anda yang sekarang ini sudah menggunakan smartphone canggih dan dengan kuota internet yang besar dan cepat namun masih sering mondar-mandir ke bank ataupun atm untuk keperluan perbankan seperti tarik tunai, transfer uang ataupun hanya cek saldo? Tapi tenang, sekarang Anda tidak perlu khawatir untuk itu. Sekarang, hanya dengan smartphone dan paket kuota internet, Anda dapat melakukan transaksi perbankan, tanpa harus repot-repot ke bank atau atm. Bank sekarang telah menyediakan sebuah layanan yang diperuntukkan bagi masyarakat agar lebih mudah melakukan transaksi perbankan melalui layanan internet banking. Syaratnya hanya satu yaitu koneksi internet. Melalui internet banking kita tidak perlu keluar dari rumah menuju bank atau ke atm saat hendak melakukan transaksi perbankan.

Proses internet banking sangat mudah, cukup dengan mengunjungi situs bank tersebut untuk melakukan transaksi perbankan. Internet banking ini dapat diakses tidak hanya menggunakan komputer atau laptop, tetapi anda juga dapat menggunakan gadget tertentu seperti smartphone dan  tablet, asalkan terkoneksi dengan internet. Beberapa fitur layanan perbankan seperti cek saldo, transfer dana, mutasi rekening, ataupun keperluan rumah tangga seperti membayar tagihan telpon dan tagihan listrik bisa dilakukan dengan layanan ini. Bagaimana cara kerja internet banking ini? Berikut ini penjelasannya

Langkah Mudah mendaftar Internet Banking




Internet Banking via businesskorea.co.kr

  Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menggunakan layanan ini adalah, Anda perlu untuk mendaftarkan diri dengan langsung datang ke ATM atau bank terkait untuk menggunakan internet banking. Kami ambil contoh salah satu bank yaitu BCA sebagai pelopor internet banking dan paling banyak penggunaannya. Masukkan kartu debit di mesin ATM lalu input pin. Buka menu pilihan internet banking (klik menu daftar e-Banking atau autodebet, lalu klik Internet Banking), Ketik pin BCA enam digit sesuai keinginan Anda, ketik ulang pin pilihan Anda, ambil struk, nah di struk tercetak userID untuk login internet banking BCA.

Setelah selesai proses berikutnya adalah aktivasi internet banking melalui login ke internet banking BCA atau www.klikbca.com. Anda tinggal mengikuti paduan yang ada di situs tersebut. Ingat status Anda saat ini hanya untuk cek transaksi, bukan untuk melakukan transaksi finansial. Jika Anda ingin meningkatkan status agar bisa melakukan transaksi finansial, maka silahkan datang ke customer service bank tersebut untuk mendapatkan token.

Di luar BCA ada beberapa bank memberikan one time password (OTP) melalui sms dan tidak menggunakan token. Apabila transaksi menggunakan OTP melalui sms, maka anda hanya perlu memasukkan kode OTP yang sudah diberikan oleh bank untuk dimasukkan ketika diminta saat bertransaksi.

Bagi pengguna token, maka proses transaksi menggunakan alat ini sangat mudah, yaitu kunjungi situs bank kemudian pilih layanan Internet banking, masukkan user ID dan password, pilih menu yang diinginkan dan yang terakhir ikuti saja perintah sesuai dengan yang tertera di menu, termasuk mengaktifkan token untuk pertama kalinya.

Ketika transaksi dengan menggunakan internet banking sudah selesai dilaksanakan, maka Anda akan menerima email dari bank terkait mengenai transaksi yang dilakukan (jika Anda mendaftarkan email untuk notifikasi ke bank tersebut), sekaligus menjadi salah satu pemberitahuan bahwa bukti transaksi berhasil.

Fitur Internet Banking, Kelebihan dan Kekurangannya




Kelebihan dan kekurangan Internet Banking via cr2.com

Dengan menggunakan Internet banking, kita bisa melakukan sederet transaksi, di antaranya mulai dari  cek saldo, transfer dana, melihat mutasi rekening, beli pulsa, bayar tagihan listrik, TV kabel, air, telepon, asuransi, Internet, beli tiket, setor uang deposito. Transaksi yang berhubungan dengan penyetoran dan pengambilan uang dilakukan dengan cara biasa, yaitu melalui teller bank atau ATM atau menggunakan mesin CDM (cash deposit machine untuk setor tunai tanpa melalui teller). Di luar itu beberapa uraian kelebihan dan kekurangan internet banking berikut ini akan semakin memudahkan Anda dalam menentukan transaksi e-banking yang ingin dilakukan:

Kelebihan Internet Banking yang Bisa Anda Manfaatkan

Internet banking bisa menghemat waktu dan biaya perjalanan bagi nasabah. Selain hemat biaya juga hemat waktu, karena nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dari mana saja (asalkan tersedia jaringan internet).

Keuntungan bukan hanya untuk nasabah tapi juga pihak bank, di mana internet banking memungkinkan bank untuk mengurangi biaya operasional karena jumlah nasabah yang datang ke bank makin sedikit, sehingga bank dapat menggunakan kantor yang lebih kecil dan pegawai yang lebih sedikit. Efisiensi ini menyebabkan bank dapat mengurangi biaya sewa tempat dan gaji karyawan. Kelebihan lainnya, nasabah bisa membuat banyak jadwal transaksi keuangan dalam satu waktu sekaligus atau diatur jadwalnya.

Kekurangan Internet Banking yang Perlu Diketahui

Sebagai nasabah dan juga pihak bank perlu waspada mengingat data miliki nasabah  bisa saja dicuri melalui berbagai macam teknik oleh penyusup (hacker). Hacker bisa saja menguras habis uang nasabah dengan berbagai cara. Karena itu, nasabah wajib mematuhi semua prosesdur penggunaan internet banking sehingga lebih aman, sedangkan bank juga harus rajin sosialisasi dan melakukan pengawasan terhadap transaksai perbankan nasabahnya. Pencurian data bisa melalui teknik skimming atau melalui modus penipuan dengan berbagai macam penawaran yang mengecoh nasabah. Jika akses internet yang dimiliki nasabah tergolong murah dan lancar, lebih disarankan memakai internet banking karena lebih menghemat banyak biaya. Namun, perangkat komputer harus tertanam perangkat lunak antivirus dan antimalware supaya terhindar dari cracking. Hindari penggunaan internet banking di layanan publik seperti warnet atau wifi gratis karena rawan tindakan penyadapan data nasabah.

Untuk beberapa daerah tak semua orang memiliki perangkat komputer, laptop, dan koneksi internet yang bagus. Selain itu internet banking juga dirasa tidak praktis bagi orang yang memiliki kegiatan yang sering mobile atau bepergian. Walaupun saat ini semua akses internet bisa diakses dengan smartphone ataupun gadget dengan sangat mudah, namun tetap saja bagi pengguna dengan mobilitas tinggi butuh penyesuaian fitur dalam mengakses internet banking melalui smart phone. Yang jelas tentu tak senyaman saat menggunakan laptop.

Internet banking memang memberikan banyak kemudahan kepada kita melalui internet, namun seperti yang kita ketahui pula bahwa banyak juga kejahatan yang sekarang ini marak terjadi di dunia maya. Salah satu kejahatan dalam dunia maya adalah kejahatan yang dilakukan oleh hacker atau peretas. Apabila Anda tidak berhati-hati dalam menggunakan internet banking ini, maka rekening Anda bisa dibobol oleh para pelaku kejahatan internet. Untuk menghindari hal tersebut, maka ada baiknya memperhatikan beberapa tips dalam menjaga keamanan transaksi Anda.

Tips Aman Transaksi dengan Internet Banking


Aman Menggunakan Internet Banking via dayair.org

Pertama, jangan berikan nomer token kepada siapapun untuk menghindari penggunaan yang tidak bertanggung jawab. Kedua, pastikan situs yang dikunjungi adalah situs bank terkait. Ketiga, pastikan gadget tidak terkena infeksi virus tertentu. Terakhir, apabila mendapatkan email yang mengatakan bahwa rekening Anda diblokir atau hal apapun secepatnya untuk melapor ke pihak bank. Internet banking memang memudahkan urusan kita dewasa ini, namun pergunakanlah internet banking secara bijak dan berhati-hati.

Penting untuk dilakukan yaitu untuk selalu menggunakan Password/PIN Yang Kuat dan Ganti Secara Berkala. Hal ini sebenarnya berlaku untuk semua akun internet, namun karena internet banking terkait uang Anda maka tentu harus lebih ekstra hati-hati. Bahkan beberapa bank mewajibkan nasabahnya untuk menggunakan kombinasi huruf dan angka dalam membuat password sehingga benar-benar susah diterobos hacker dengan teknik enkripsi data sekalipun. Hal ini sudah cukup membantu untuk mengamankan akun Anda.

Saking rumitnya membuat pasword terkadang bisa saja Anda lupa, namun jangan panik saat lupa Password/PIN akun bank Anda. Hal yang harus Anda lakukan ketika lupa password/PIN adalah menghubungi pihak bank untuk melakukan reset pasword. Jika memungkinkan segera kunjungi kantor bank terdekat saat jam kerja. Atau bisa juga melakukan pergantian lewat call center mengingat beberapa bank juga telah menyediakan layanan customer service 24 jam via telepon. Tapi ingat ya, petugas bank tidak Akan pernah menanyakan langsung password/PIN Anda. Jadi, ketika mereka menanyakan PIN, jangan dijawab ya!

Ketahui Semua Kekurangan dan Kelebihannya
Semua kondisi di atas, baik fitur, kelebihan dan kekurangan internet banking, jika Anda mampu pahami dengan baik tentu akan membuat layanan ini semakin mudah, aman, dan nyaman saat digukanan. Karena itu, perhatikan dengan baik, karena pada akhirnya semuanya kembali pada kehati-hatian ANda sendiri sebagai nasabah. 

4.3 Mengenal Mobile Banking, Apa Keunggulan dan Kekurangannya?

Sekarang ini sudah banyak orang yang memiliki handphone canggih namun belum memanfaatkannya dengan maksimal. Hampir semua handphone canggih saat ini sudah dilengkapi dengan koneksi internet dan memiliki fitur layanan perbankan yang disebut dengan mobile banking. Layanan perbankan melalui handphone ini akan membuat hidup Anda lebih simple dalam segala hal perbankan.

Pernahkah memiliki pengalaman di mana Anda lupa untuk membayarkan tagihan listrik rumah, air, atau bahkan kartu kredit karenakan kesibukan sehinga lupa atau belum sempat untuk membayarnya? Atau pernahkah Anda berada pada situasi di mana harus mentransfer uang untuk seseorang, namun kondisi di luar sedang hujan dan Anda perlu melakukan transaksi uang dengan segera? Apabila Anda sudah mengerti dan mengetahui fasilitas dan fitur mobile banking, maka saat dihadapkan pada situasi seperti yang tadi disebutkan, Anda tidak akan panik dan akan dengan mudah melakukan transaksi perbankan.

Apa sih sebenarnya mobile banking itu? Simak detil uraian layanan produk tersebut berikut ini Mobile Banking Membuat Hidup Terasa Luas dan Tanpa Batas



Layanan Mobile Banking via ttgtmedia.com

Mobile banking adalah sebuah layanan yang disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui berbagi fitur yang ada pada ponsel pintar (smartphone). Selintas layanan mobile banking ini serupa dengan layanan sms banking, namun pada kenyataannya mobile banking memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan sms banking.

Apabila menggunakan layanan sms banking, transaksi hanya dapat dilakukan menggunakan pesan singkat (SMS), maka dengan menggunakan layanan mobile banking Anda dapat menggunakan fitur lain yang lebih canggih.

Fitur ini dapat Anda akses melalui dua cara. Pertama adalah dengan menggunakan aplikasi dengan cara mengunduh aplikasi layanan mobile banking di app-store yang disediakan pada smartphone yang Anda miliki. Cara kedua adalah dengan mengakses melalui menu provider. Namun tidak semua provider memiliki layanan mobile banking ini, hanya ada beberapa provider yang menyediakan layanan mobile banking. Seperti salah satu contohnya adalah mobile banking BCA yang dapat diakses melalui provider Indosat, XL, dan Telkomsel.

Bagaimana cara mendaftar mobile banking? Kami akan memberikan ulasan cara mudah mendaftar mobile banking yang menggunakan aplikasi Android yang sedang tren saat ini. Berikut ulasannya

Cara Mudah Mendaftar Mobile Banking dengan Aplikasi Android



Mendaftar Mobile Banking via amazonaws.com

Mendaftar mobile banking android bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah melalui tahapan sebagai berikut:

mengunduh di situs bank dimana Anda ikut layanan mobile banking

Mengirim SMS dengan format sesuai dengan yang diberikan oleh bank di mana Anda menjadi nasabah, misalnya untuk bank mandiri ketik “Reg Mobile” lalu kirim ke nomor 3335

Setelah aplikasi berhasil diunduh, silahkan membuat password dan identitas rahasia yang nantinya akan Anda gunakan untuk login

Jika masih belum jelas silahkan menghubungi customer servis di bank Anda

Jika Anda masih ragu dengan layanan ini, ada baiknya membaca lebih detil keuntungan mobile banking berikut ini:

Keuntungan dan Kekurangan Layanan Mobile Banking



Keuntungan dan kekurangan Mobile Banking via hubspot.net

Layanan mobile banking memiliki banyak keunggulan dan sangat mudah digunakan. Layanan ini meliputi cek saldo, cek sekaligus membayarkan tagihan kartu kredit, transfer uang, mutasi rekening tabungan, cek suku bunga, pembelian pulsa, pembayaran rekening listrik, telepon, air dan banyak hal.

Selain itu, dalam menggunakan mobile banking, akan ada sejumlah keuntungan dan kekurangan yang akan Anda terima, diantaranya:

Keuntungan Mobile Banking yang Perlu Anda Ketahui

Layanan Mobile banking memiliki kelebihan dibandingkan internet banking karena relatif mudah dalam mendapatkan konektivitas, sedangkan untuk internet banking tidak semua tempat ada jaringan internet. Hal ini memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan sehingga menghemat banyak waktu.

Fitur yang sederhana membuat mobile banking melalui ponsel sangat mudah untuk dimengerti. Semua isntruksi diberikan secara mudah dan rinci sehingga efektif dari segi biaya. Selain itu fasilitas mobile banking mempunyai biaya yang rendah dibandingkan online banking.

Dari sisi keamanan mobile banking bisa mengurangi resiko penipuan karena nasabah akan mendapatkan SMS ketika terdapat aktivitas pada rekening nasabah baik setoran, penarikan uang, atau transfer antar rekening.

Bank juga merasa untung dengan layanan Mobile banking karena bisa mengurangi biaya dari tele-banking dan lebih ekonomis, selain itu fasilitas tambahan ini bisa mempermudah konsumen melakukan transaksi, sehingga bank dapat meningkatkan kepuasan nasabah mereka. Selain itu bank juga merasa lebih dekat dan dapat menjangkau nasabah mereka dengan mobile banking.
Produk bank juga bisa dipromosikan dengan mudah melalui iklan layanan mobile banking seperti kartu kredit, pinjaman, dan lainnya pada kelompok nasabah tertentu. Selain promosi produk, berbagai layanan bank yang bisa diakses melalui mobile banking meliputi informasi pembayaran rekening, informasi jumlah tabungan, histori transaksi, fasilitas pengiriman uang, dan lainsebagainya dapat diakses langsung melalui handphone nasabah.

Hal lain yang membuat mobile banking makin populer adalah nasabah dapat mentransfer uang secara langsung pada rekening bank yang sama maupun beda melalui mobile banking dengan jangkauan konektivitas jaringan yang luas melebihi melebihi internet banking.

Walaupun canggih, ternyata mobile banking punya kelemahan juga yang harus disadari oleh pengguna mobile banking. Berikut ini merupakan kekurangan dari mobile banking:

Kekurangan Mobile Banking yang Harus Disadari Pengguna Mobile Banking

Fitur keamanan menjadi salah satu isu penggunaan mobile banking ini. Hal ini setelah para ahli keamanan secara umum setuju bahwa mobile banking lebih aman daripada online banking karena sangat sedikit virus dan trojan yang menyerang smartphone, namun demikian pengguna mobile banking ternyata lebih rentan diserang penipuan yang dinamakan “smishing.” Penyebab penipuan ini lebih banyak disebabkan oleh pengguna mobile banking menerima SMS palsu yang menanyakan detil rekening bank dari seorang hacker yang menyamar sebagai institusi keuangan. Modus seperti ini telah berhasil membuat banyak orang yang terjebak dan uangnya terkuras.

Walaupun sistem online banking punya fitur keamanan melalui koneksi yang terenkripsi sehingga hacker tidak dapat membaca data yang dikirimkan, namun hal ini tidak berlaku manakala smartphone-nya dicuri. Celakanya lagi banyak orang mengatur agar perangkat smartphone mereka dapat menyimpan password atau menggunakan password dan pin yang tidak aman atau dapat ditebak dengan mudah.

Isu kekurangan mobile banking yang lain adalah mengenai Kompabilitas. Untuk dapat mengakses mobile banking secara maksimal nasabah memerlukan smartphone. Bahkan beberapa bank tidak menyediakan mobile banking untuk ponsel selain smartphone seperti iPhone, dan Blackberry. Selain itu dukungan software mobile banking pihak ketiga tidak selalu kompatibel bagi semua jenis smartphone. Jika nasabah tidak memiliki smartphone, tipe dari mobile banking yang dapat digunakan biasanya terbatas sehingga beberapa fitur tidak dapat diakses. Melakukan pengecekan rekening tabungan melalui SMS tidak menjadi masalah, akan tetapi fitur yang lebih canggih misalnya transfer antar rekening umumnya tidak tersedia bagi pengguna ponsel model lama sehingga tetap saja harus menggunakan smartphone.

Operabilitas ponsel menjadi tantangan tersediri bagi layanan mobil ebanking ini, di mana ada sejumlah besar perangkat ponsel yang berbeda dan itu merupakan tantangan besar bagi bank untuk menawarkan solusi mobile banking pada setiap jenis perangkat. Beberapa dari perangkat ini mendukung Java ME dan lain mendukung SIM Application Toolkit, browser WAP, atau hanya SMS.


Biaya sebenarnya tidak terlalu signifikan berpengaruh jika nasabah telah memiliki perangkat yang sesuai, namun sayangnya beberapa institusi finansial mengharuskan pembayaran lebih untuk layanan mobile banking. Di luar itu masih ada juga biaya software. Biaya ekstra untuk nasabah ini secara cepat bertambah, terutama ketika nasabah sering mengakses mobile banking sehinggga menjadi tambahan pendapatn tersendiri bagi bank.

Daftar dan Manfaatkan Sebaik Mungkin

Bagaimanapun juga dibandingkan dengan sms banking atau internet banking sekalipun, mobile banking ini lebih mudah untuk dipraktekkan karena kita tidak perlu mengingat kode-kode dalam transaksi yang dilakukan. Selain itu, dalam menggunakan mobile banking, apabila kita tidak memiliki pulsa, kita masih tetap bisa menggunakan fitur ini selagi mendapatkan koneksi internet seperti wifi. Namun perlu diperhatikan, Anda harus menghapus semua data yang tertinggal pada handphone apabila Anda akan menjualnya suatu saat nanti, untuk mencegah terjadinya tindak kriminal dan penyalahgunaan fitur ini. Jadi pergunakanlah kemudahan yang telah diberikan ini, namun ingat Anda harus tetap untuk waspada dan berhati-hati dalam menggunakan kemudahan yang diberikan.

4.4 SMS Banking: Kelebihan dan Kekurangannya

Teknologi komunikasi saat ini semakin berkembang dengan banyaknya smartphone yang membanjiri pasar di Indonesia. Salah satu mengapa smartphone begitu digandrungi masyarakat adalah karena selain sebagai alat komunikasi, dia bisa juga sebagai media transaksi produk dan layanan perbankan. Saat ini hampir semua orang menggunakan smartphone untuk berbagai macam keperluan, salah satunya yang populer adalah aplikasi chatting dengan model BBM, Whatsapp, Line, dan sebagainya. Namun masih ada satu fitur lama yang mulai banyak ditinggalkan, namun tetap eksis untuk transaksi perbankan yaitu SMS.

Ya, dia adalah satu aplikasi e-banking yang masih populer saat ini. SMS banking pada dasarnya digunakan untuk mempermudah nasabah yang ingin melakukan transaksi tanpa melalui teller atau ATM. Anda bisa melakukan transaksi seperti cek saldo, membayar tagihan listrik, membeli pulsa, transfer, dan lainnya hanya dengan melalui SMS Banking. Meskipun terdengar ketinggalan zaman, namun fitur SMS Banking ini memberikan kemudahan karena dirasa lebih mudah, cepat, dan praktis.

 Alasan Menggunakan dan Cara Mengakses SMS Banking



Kenapa Mesti Menggunakan SMS Banking? via ghazanfargroup.com

  SMS Banking punya keunggulan dibanding internet banking, karena tidak membutuhkan jaringan internet, terutama bagi warga yang ada di desa yang tak bisa selalu terhubung internet. Karena itu, SMS banking dianggap bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Selain masalah koneksi internet, SMS Banking juga bisa dilakukan oleh para nasabah yang tak memiliki smartphone tetapi ingin melakukan transaksi secara mudah, cepat, dan praktis. Berbeda dengan internet banking yang memerlukan banyak tahapan untuk melakukan transaksi seperti cek saldo, seperti mesti memasukkan user ID dan password. Baru setelah itu bisa melakukan transaksi dengan memilih menu yang tersedia. Sedangkan SMS Banking hanya perlu mengirim kode ke nomer yang telah ditentukan untuk melakukan transaksi yang anda butuhkan. Sangat mudah dan praktis bukan?

SMS Banking bisa diakses melalui dua cara. Pertama, melalui SMS biasa dan paling umum digunakan. Caranya nasabah mengetik pesan berupa kode tertentu sesuai dengan transaksi yang ingin dilakukan dan mengirimkan pesan tersebut ke nomor yang telah disediakan dari Bank. Misalnya jika Anda ingin melakukan transfer, Anda hanya perlu mengetik (rekening sumber), (rekening tujuan), (nominal), dan (password). Cara kedua yaitu melalui SMS Toolkit. Nasabah bisa menggunakan SMS Banking melalui menu dari SIM Card, tergantung provider yang Anda gunakan. Setiap provider mempunyai menu SMS Banking yang berbeda. Untuk bisa menggunakan SMS Banking, nasabah harus mendaftar ke bank untuk mendapatkan password agar bisa mengakses layanan ini. Setiap Bank punya petunjuk masing-masing tentang penggunaan SMS Banking, jadi Anda bisa mendatangi bank dan menanyakan penjelasan bagaimana menggunakan SMS Banking untuk bertransaksi.

Supaya gampang memahaminya, bila dijabarkan, SMS Banking seperti Anda mengirim pesan SMS banking ke operator, lalu operator seluler akan meneruskan pesan kepada aplikasi mobile banking pihak bank. Proses selanjutnya permintaan transaksi akan diteruskan ke server core banking yang berisi informasi akun nasabah. Sesaat kemudian server core banking akan memberikan respon atas SMS tersebut kemudian dikirimkan oleh aplikasi mobile banking kepada penyedia layanan Bulk SMS (layanan SMS massal) dan akan diteruskan kepada pengguna yang valid melalui SMS.
Berikut ini kami berikan contoh sebuah transaksi SMS Banking BRI Ketik kode sebagai berikut :
Informasi Saldo : SALDO [spasi] PIN SMS

Transfer sesama BRI : TRANSFER BRI No.Rek. Tujuan [spasi] Nominal [spasi] PIN SMS.

Bayar kartu Kredit : BAYAR [spasi] CITI Nomor Kartu [spasi] Nominal [spasi] PIN SMS.

Beli Pulsa : PULSA [spasi] Nomor HP [spasi] Nominal/1000 [spasi] PIN SMS.

Segala kemudahan yang diberikan melalui fasilitas sms banking selalu diikuti dengan kelebihan dan kekurangan seperti uraian di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan SMS Banking



Kelebihan dan Kekurangannya via itpro.co.uk

Sama seperti layanan bank lain, pada dasarnya, SMS banking juga memiliki sejumlah keunggulan dan kekurangan. Apa sajakah keunggulan dan kekurangan yang dimaksud? Berikut ini adalah penjabarannya.

Kelebihan

Dengan menggunakan sms banking, nasabah bisa bertransaksi keuangan dengan mudah dan praktis di mana pun ia berada.

Jika dilihat dari sisi keamanan, transaksi keuangan menggunakan sms banking lebih terjaga karena data-data bisa dengan mudah dihapus, selain itu transaksi ini bebas gangguan eksternal seperti mati listrik dan koneksi internet.


Kekurangan

Kurang fleksibel akibat terbatasnya pengelolaan transaksi keuangan sehingga tak bisa membuat transaksi keuangan yang banyak dalam satu waktu sekaligus.

Relatif sedikit lebih mahal saat pemakaian sms banking karena terkadang ada tambahan biaya administrasi lainnya untuk transaksi-transaksi tertentu. Pengenaan tarif biasanya sekitar Rp500,-

Risiko Menggunakan SMS Banking




Risiko yang Dimiliki via 10-themes.com

Itulah beberapa keuntungan dan kekurangan yang dasarnya dimiiki oleh SMS banking. Sebagai tambahan, sebenarnya risiko penyadapan dan data terekam dari SMS Banking cukup membuat penggguna was was. Misalnya saja PIN yang digunakan untuk melakukan transaksi terkadang masih tersimpan dalam kotak keluar SMS atau sms outbox. Sehingga apabila ada orang yang meminjam handphone, Anda bisa menemukan atau melihat PIN yang sudah pernah digunakan tersebut. Bayangkan saja seandainya handphone Anda hilang dan masih ada history send message-nya, maka PIN SMS Banking milik Anda juga bisa diketahui oleh orang lain. Kecanggihan teknologi membuat beberapa operator mempunyai metode yang bisa digunakan untuk menyadap SMS, misalnya adanya fasilitas forward dan copy SMS. Fitur ini memberi kemudahan bagi setiap kali orang melakukan pengiriaman SMS maka pesan yang dikirimkan juga akan dikirimkan pada nomor orang lain.

Selain itu sebenarnya ada pengalaman dari beberapa pengguna yang sedikit mengkhawatirkan, yaitu saat kita menggunakan sms banking dan ternyata tidak adanya respon sama sekali ketika kita memberikan perintah SMS Banking. Beberapa pengguna merasa cukup sering mengalami situasi yang digambarkan tersebut. Karena, biasanya ada 2 kemungkinan ketik hal tersebut terjadi, transaksi berhasil atau gagal. Untuk tahu transaksi tersebut gagal atau berhasil, Anda harus menghubungi call center bank terkait. Namun masalahnya, biasanya pengguna sms banking malah menggunakan asumsi. Terkadang, mereka akan saja mengulang transaksi meski belum tahu transaksi berhasil atau tidak. Padahal itu akan memberikan risiko terjadi dobel bayar? Nah, di sini letak masalah terbesar itu muncul.

Terakhir, ada lagi sedikit hal yang membuat transaski sms banking dianggap kurang praktis, yaitu ketika nasabah harus menghafalkan setiap kode yang dibutuhkan untuk melakukan masing-masing transaksi. Di mana, setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kode yang berbeda, oleh karena itu jika nasabah lupa nomor kode yang dibutuhkan, ia tak akan bisa melakukan transaksi.

Jadi, Pilih Internet Banking atau SMS Banking?

Lalu sebaiknya kita mesti menggunakan layanan yang mana, apakah sms atau internet banking? Menurut hemat kami sesuaikan dengan kondisi. Jika untuk pengiriman dan pembayaran, sebaiknya Anda menggunakan SMS Banking, karena lebih aman. Anda juga bisa segera menghapus pesan terkirim untuk menghindari akses dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan PIN yang telah diketahui oleh mereka. Kelebihan lainnya yaitu aman dari masalah gangguan listrik, gagal koneksi, dan lain-lain. Namun ada sedikit tambahan proses, yaitu jika sudah melakukan aktivitas finansial, tapi belum menerima SMS balasan, coba cek saldo lewat Internet Banking untuk memastikan sudah terkirim atau belum selama menunggu SMS balasan.

Tidak cuma itu, sms banking akan memberikan biaya akses yang lebih mahal dari pada layanan Internet Banking. Oleh karena itu, pilh saja operator yang bertarif murah. Nasabah yang memiliki smartphone bisa menggunakan kedua fitur baik SMS Banking maupun Internet Banking. Saat tidak terhubung dengan koneksi internet, Anda bisa melakukan transaksi melalui SMS. Begitu pula sebaliknya, Anda bisa mencari koneksi internet gratis seperti wifi ketika sedang tidak memiliki pulsa. Namun dengan terdaftar di kedua fitur tersebut, Anda juga harus lebih berhati-hati dalam bertransaksi. Keamanan dalam menggunakan kedua fitur tersebut harus selalu diperhatikan agar tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, sekarang anda paham bukan kelebihan dan kekurangan internet banking dan sms banking bisa dimanfaatkan secara bersamaan. Jangan fanatik terhadap salah satu fitur, lebih baik kedua layanan tersebut dimiliki oleh Anda. Yang terpenting, segala hal transaksi keuangan harus memakai perangkat digital pribadi. Jangan sekali-kali memakai perangkat digital publik karena data pribadi Anda rawan dicuri dengan berbagai teknik software yang terpasang di jaringan publik.

Share:

0 komentar